Jangan Cengeng..

Di ubah sedikit judulnya, agar lebih menyeluruh dan menggapai semua sudut, bukan hanya akhwat, ikhwan juga tentunya… maka “Bacalah, ikhwah fillaah….”

Bismillaahi rahmaani rahiim...”

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Dikasih amanah malah melarikan diri
 Diajak pengajian bilang ada ijin syar’i
 ‘Afwan ane ada agenda syar’i.. Afwan lagi nguleg sambel trasi..
 Disuruh ikut aksi, malah pergi naik taksi
 Sambil lambai-lambai, bilang dadaaah…yuk mari…
 Terus dakwah gimana,..??? Diakhiri,..???

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Sekilas gayanya sih haroki berlagak Izzis
 Tapi hati kok Seismic,..!!? Sungguh ironis…
 Mendayu-dayu kaya’ film romantis
 Kesehariannya malah jadi narsis
 Jauh dari kamera jadi dikira ge eksis
 Hati-hati kalo ditolak, bikin dramatis..

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Dikit-dikit SMS ikhwan dengan alasan dapet gratisan
 Rencana awal cuma kasih info kajian
 Lama-lama nanya kabar harian.. wah, investigasi beneran..!!
 Bisa-bisa dikira pacaran..!!!
 Sampai kepikiran dijadikan pasangan…
 Ga’ usah ngaco-ngaco gitu deh kawan...!!!

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Abis nonton film palestina semangat empat lima..
 Eh pas disuruh jadi coach, pergi lenyap kemana,..???
 Semangat jadi pendukung luar biasa..
 Tapi nggak siap jadi yang pelakunya.. yang diartikan sama dengan nelangsa..
 Yah…bikin kecewa…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Ngumpet-ngumpet berduaan
 Eh, awas lho yang ketiga setan…
 Trus, dikit-dikit aleman minta dibeliin jajan..
 Emang sih nggak pegangan tangan
 Cuma pandang-pandangan tapi bermesraan..
 Wah, kaya’ film india aja gan..!
 Kalo ketemu temen pengajian atau ustadzah,..???
 Mau taruh di mana tuh muka yang kemerah-merahan,..???
 Oh malunya sama temen pengajian wa ustadzah,..???
 Sama Allah,..!!??? Buang aja ke lautan..
 Yang penting mah bisa sayang-sayangan…
 Na’udzubillah tenan…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Sedekah dikira buang duit
 Katanya sih biar ngirit, tapi kok shopping tiap menit,..!!??
 Langsung sengit kalo dibilang pelit
 Mendingan buat dzikir komat-kamit
 Malah keluar kata-kata nyelekit
 Aduh…bikin hati sodaranya sakit…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Semangat dakwah ternyata bukan untuk amanah
 Tapi buat berburu ikhwan yang wah gitu dah
 Pujaan dapet, terus walimah..
 Dakwah pun say goodbye dadaaah..
 Dakwah yang dulu benar-benar ditinggalkah,..???
 Dakwah kawin lari.. karena kebelet nikah..
 Duh duh… amanah..amanah…
 Dakwah.. dakwah..
 Kalah sama ikhwan yang wah..

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Buka facebook liatin foto ikhwan
 Dicari yang jenggotan..
 Kalo udah dapet trus telpon-telponan..
 Tebar pesona akhwat padahal tampang pas-pasan, hehehe
 “Assalammu’alaikum akhi, salam ukhuwah.. udah kerja,..??? Suka bakwan,..???”
 Disambut baik sama akhi, mulai berpikir untuk dikasih bakwan ..
 Ikhwannya meng-iya-kan..
 Mau-mau aja dibeliin bakwan..
 Asik, ngirit uang kost dan uang makan…
 Langsung deh siapin acara buat walimahan..!!!
 Prinsipnya yang dulu dikemanakan,..???

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Ilmu cuma sedikit ajah
 Udah mengatai Ustadzah
 Nyadar diri woi lu tuh cuma kelas bawah
 Baca qur’an tajwid masih salah-salah
 Lho kok udah berani nuduh ustadzah
 Semoga tuh cepet-cepet dikasih hidayah…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Status facebook tiap menit beda
 Isinya tentang curahan hatinya
 Nunjukkin diri kalau lagi sengsara
 Minta komen buat dikuatin biar ga’ nambah nelangsa
 Duh duh.. status kok bikin putus asa..
 Dikemanakan materi yang dikasih ustadzah baru saja,..???

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Ngeliat akhwat-akhwat yang lain deket banget sama ikhwan, jadi pengen ikutan..
 Hidup jadi suram seperti di padang gersang yang penuh godaan
 Mau ikutan tapi udah tau kayak gitu nggak boleh.. tau dari pengajian
 Kepala cenat-cenut pusing beneran
 Oh kasihan.. Mendingan jerawatan…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Ngeliat pendakwah akhlaknya kayak artis metropolitan
 Makin bingung nyari teladan
 Teladannya bukan lagi idaman
 Hidup jadi kelam tak berbintang bahkan diguyur hujan
 Mau jadi putih nggak kuat untuk bertahan..
 Ah biarlah kutumpahkan semua dengan caci makian
 Akhirnya aku ikut-ikutan jadi artis metropolitan
 Teladan pun sekarang ini susah ditemukan..

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Diajakain pengajian wa kajian islami alasannya segunung…
 Kalo disuruh shopping tancap gas langsung
 Hatipun tetap cerah walaupun mendung
 Maklum banyak ikhwan sliweran yang bikin berdetak cepat nih jantung
 Kalo pas tilawah malah terkatung-katung
 Duh.. bingung…bingung…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Bangga disebut akhwat.. hati jadi wah
 Tapi jarang banget yang namanya tilawah
 Yang ada sering gosip ngomongin sesamalah
 Wah… wah… ghibah… ghibah…
 Eh, malah timbul fitnah…
 Segera ber-istighfar lah…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Dulunya di dakwah banyak amanah
 Sekarang katanya berhenti sejenak untuk menyiapkan langkah
 Tapi entah kenapa berdiamnya jadi hilang arah
 Akhinya timbul perasaan sudah pernah berdakwah
 Merasa lebih senior dan lebih mengerti tentang dakwah
 Anak baru dipandang dengan mata sebelah
 Akhirnya diam dalam singgasana kenangan dakwah
 Dari situ bilang.. Dadaaahhh.. Saya dulu lebih berat dalam dakwah..
 Lanjutin perjuangan saya yah…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Nggak punya duit pengajian males datang
 Nggak ada motor yaa…misi pengajian dibuang…
 Ustadzah ikhlas, hati malah senang
 Temen pengajian juga nggak ada satupun yang mau datang
 Jenguk temen yang sakit malah pada pergi malang melintang…
 Oh…kasiyan… Mau ngapain sekarang,..???

Oh noo…

Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Jadi Akhwat Jangan Cengeng..
 Jadi Akhwat Jangan Cengeng..

Sebenarnya masih banyak sekali masalah dalam kader baik ikhwan ataupun akhwat dimanapun pergerakannya.. seperti telah menjadi hal yg klasik bukan momok tp kebanyakan kita asyik di dalamnya, tak menyadari… astaghfirullaah..

 

Karena sungguh…

“ Yaa Allah.. Terimakasih sudah memberi saudara seperjuangan kepadaku.. demi tegaknya Perintah dan laranganMu.. . Kuatkanlah ikatan kami… ”

“ Yaa Allah, Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta kepada-Mu, bertemu dalam taat kepada-Mu, bersatu dalam da’wah kepada-Mu, berpadu dalam membela syariat-Mu. ”

“ Yaa Allah, kokohkanlah ikatannya, kekalkanlah cintanya, tunjukillah jalan-jalannya. Penuhilah hati-hati ini dengan cahaya-Mu yang tidak pernah pudar. ”

“ Lapangkanlah dada-dada kami dengan limpahan keimanan kepada-Mu dan keindahan bertawakal kepada-Mu. Hidupkanlah hati kami dengan ma’rifat kepada-Mu. Matikanlah kami dalam keadaan syahid di jalan-Mu. ”

“ Sesungguhnya Engkaulah Sebaik-baik Pelindung dan Sebaik-baik Penolong. Yaa Allah, kabulkanlah. Yaa Allah, dan sampaikanlah salam sejahtera kepada junjungan kami, Muhammad SAW, kepada para keluarganya, dan kepada para sahabatnya, limpahkanlah keselamatan untuk mereka. ”

Aamiin….

 

*jazakumullah khair kepada yg telah mengispirasi,…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s