Rock Wool

rock_wool

Fungsi umum dari rockwool adalah untuk memberikan isolasi di rumah tinggal atau bangunan komersial. Rockwool juga dapat melindungi pipa, kapal, rumah mobile dan peralatan memasak domestik. Meskipun paling umum dikenal untuk menyediakan isolasi di rumah, orang juga menggunakan rockwool dan slagwool sebagai media tumbuh hortikultura.

Rock wool menyediakan berbagai keuntungan, termasuk tahan api dan kedap suara. Karena serat yang tidak mudah terbakar dan memiliki titik leleh yang ekstrim lebih dari 2.150 derajat F, isolasi rockwool bertindak sebagai penghalang api. Karakteristik tahan apinya dapat menunda penyebaran api, yang bisa menambahkan menit berharga untuk melarikan diri saat kebakaran. Rock juga menolak air, anti membusuk dan jamur, termasuk berbagai jenis pertumbuhan bakteri. Karena menolak air, rockwool tidak akan melemah atau kendur. Isi dari rockwool padat, sehingga mengurangi aliran udara dan transmisi gelombang suara.

Keuntungan:

Cocok untuk aneka kebutuhan industri
Memiliki daya konduksi termal yang rendah
Dapat digunakan pada suhu 100° C sampai 820° C
Tidak mudah terbakar
Kedap suara
Tidak berkarat / berjamur

Aplikasi produk :

Peredam ruangan genset
Peredam ruangan studio
Peredam ruangan diskotik
Partisi ruangan

Berikut beberapa pertanyaan yang biasa muncul saat membahas rock wool dan hidroponik:

Adakah Rock Wool khusus untuk pertanian?
Untuk media tanam hidroponik saya menggunakan rockwool Cultilene Optimaxx, dari beberapa rekan web yang sempat berdiskusi dengan saya menyarankan menggunakan merk ini karena rockwool Cultilene Optimaxx dibuat dengan spesifikasi khusus untuk tanaman sayuran maupun tanaman hias, spesifikasi sebagai berikut:
* Arah serat horizontal
* Bulk Densiti 45kg/ m3
* Volume pori 98%

cultilene-exact-mineral-wool-slabs

Pada dasarnya rockwool itu tidak mengandung pathogen penyebab penyakit(jamur,cacing,dll) hal ini akan memberikan banyak manfaat dalam pertanian antaranya adalah meminimalkan pemakaian desinfectan. Kemudian karena dia adalah sejenis wool, maka penggunaan air akan efisien berkaitan dengan daya serapnya yang cukup tinggi   hal ini memudahkan kita dalam mengontrol air dan menghemat nutrisi.

Selain itu Rockwool Cultilene Optimaxx dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari tahap persemaian samai pada fase produksi, hemat dan efisien bukan. Terlebih lagi yang paling saya suka dari rockwool ini tidak perlu takut kotor-kotor lagi dalam bertani, dengan demikian kita dapat mengajak si kecil untuk ikut serta bercocok tanam.

3 thoughts on “Rock Wool

  1. trimakasih atas penjelasannya… sangat membantu saya yg sedang belajar bertanam hidroponik dan aquaponik. apakah Rockwoolnya saya bisa order krn saya juga ingin mencoba menggunakan media ini.
    mohon informasinya. harga dan ongkir bisa email ke saya (iswadi27@yahoo.co.id)

  2. terimakasih sudah share informasinya kak. kalo boleh saran alangkah lebih baiknya kalau artikel ini dilengkapi dengan karakteristik dari isolasi tersebut. seperti nilai kondutifitasnya kemudian bagaimana ketahanan bahan terhadap air dan udara. terimakasih kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s