Konfigurasi Documentroot


Pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas tentang file index.php yang tampil ketika Anda memanggil localhost. Di sini kita akan membahas cara mengubah documentroot yang tadinya di C:\xampp\htdocs kemudian di ubah ke drive yang Anda inginkan contoh di lab di drive E:\ . (diasumsikan Anda telah sukses menginstal Xampp)

Let’s try this….

  1. Buka file httpd.conf di C:\xampp\apache\conf. Kemudian cari (ctrl+F) DocumentRoot, seperti di bawah ini:Ubah DocumentRoot “nama_drive:/” menjadi drive yang Anda inginkan contoh:  nama_drive: D:/Yayuk/htdocs maka menjadi DocumentRoot “D:/Yayuk/htdocs”
  2. Setelah itu cari(ctrk+F) seperti di bawah ini: ganti <Directory “nama_drive atau folder:/”> menjadi nama_drive yang Anda inginkan, contoh : nama_drive dan folder : D:/Yayuk/htdocs maka menjadi <Directory “D:/Yayuk/htdocs”>
  3. Setelah ke dua langkah tersebut, jangan lupa di save(ctrl+S)
  4. Kemudian masuk ke control panel(xampp-control.exe) -nya Xampp di C:\xampp, double click hingga tampil :kemudian restart apachenya.
  5. Setelah step-step di atas, maka cobalah Anda panggil localhost-nya di browser. Coba perhatikan file-file yang muncul di dalamnya. Sama seperti file di drive yang Anda inginkan bukan?

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

One thought on “Konfigurasi Documentroot

  1. Pingback: Memahami Tampilan Index (Instalasi Xampp) | Anggrainie

Leave a comment